Home / HEADLINE / LABUAN BAJO

Jumat, 19 Januari 2024 - 09:53 WIB

Yakines Dorong Petani Manggarai Barat Pemberdayaan Pangan Lokal

Evaluasi dan Perencanaan periode 2023 terhadap petani perempuan Manggarai Barat yang diselenggarakan Yayasan Komodo Indonesia Lestari (Yakines) Manggarai Barat. (Dok Foto Berto Kalu)

Evaluasi dan Perencanaan periode 2023 terhadap petani perempuan Manggarai Barat yang diselenggarakan Yayasan Komodo Indonesia Lestari (Yakines) Manggarai Barat. (Dok Foto Berto Kalu)

BeritaLabuanbajo.com, LABUAN BAJO,- Yayasan Komodo Indonesia Lestari (Yakines) Manggarai Barat menggelar Evaluasi dan Perencanaan (Evaperca) periode 2023 terhadap petani perempuan Manggarai Barat.

Kegiatan itu berlangsung sejak 15-19 Januari 2024 di Desa Nampar Macing, Manggarai Barat.

Sejak Februari hingga Desember 2023, program pemberdayaan perempuan dan konservasi sumber daya alam telah dilakukan oleh Yakines di 12 desa dampingan dari 5 kecamatan di Manggarai Barat, telah berhasil menjangkau 48 anak kampung.

Adapun perwakilan 12 Desa yang hadir dari Kecamatan di Mabar yakni Desa Wae Mose, Desa Munting, Desa Golo Ronggot, Desa Lale, Desa Golo Leleng, Desa Nampar Macing selaku Tuan Rumah, Desa Tondong Belang, Desa Persiapan Watu Letang, Desa Watu Nggelek, Desa Nggorang, Desa Tiwu Nampar dan Desa Macang Tanggar

“Hingga saat ini kami sudah memberdayakan 98 kelompok tani,” ungkap Ferdinandus Mau Manu, Koordinator program Yakines.

Ferdi menjelaskan, dari 98 kelompok tani yang terbentuk, sekitar 90 persen di antaranya dikelola oleh perempuan. Sementara hanya 2 persen oleh laki-laki, yang tidak lain suami dari anggota perempuan yang turut ikut dalam program pemberdayaan perempuan.

“Jadi dari 98 kelompok tani ini, 90 an persen perempuan dan 2 persen laki-laki, itupun karena suami dari anggota perempuan. Anggota yang sudah kita jangkau sudah 1746 orang, mendekati 2000 untuk 12 desa dengan perempuan berjumlah 1499 orang dan laki-laki 267 orang,” jelasnya.

Menurut Ferdi, Program ini bertujuan mendorong pengembangan pangan lokal yang bagi dia sudah kurang diperhatikan. Ia menyebut, programnya berhasil menghasilkan sekitar 17 jenis benih yang dikembangkan oleh petani dampingan Yakines.

Ferdi menyebut kendala yang menyebabkan kurangnya jangkauan benih yang sukses. Meski demikian, upaya pemberdayaan perempuan dan konservasi sumber daya alam terus memberikan dampak positif di wilayah Manggarai Barat.

Selain pemberdayaan petani, Ferdi juga menyampaikan bahwa Yakines kali ini memberi perhatian khusus akan pentingnya lumbung pangan bagi kelompok tani.

“Kita juga mengambangkan kedaulatan petani lewat lumbung pangan. Modelnya seperti simpan pinjam. Hal ini lebih ke kebutuhan pangan lebih kusus padi karena itu menjadi cadangan pada saat musim panceklik,” kata Ferdi.

Selain lumbung padi, Ferdi menyampaikan bahwa lumbung benih menjadi iringan program lumbung pangan untuk menanggulangi musim panceklik yang mungkin saja akan dihadapi petani bimbingan Yakines.

“Kami mendorong petani agar mengembangkan lumbung pangan dan benih secara kelompok maupun individu. Ada beberapa sudah memulai dan ada yang baru berpikir. Nah, dengan model pertemuan seperti ini agar semua dampingan bisa semangat untuk menyimpan semua benih lokal dengan wadah tradisional tersebut,” tegasnya.

Menurut koodinator Yakines tersebut pengembangan pangan khususnya pangan lokal sudah dilakukan oleh petani bimbingan Yakines.

“Hingga saat ini ada yang sudah bekerja dan ada sudah yang mulai mempertimbangkan untuk menyimpan dan benih pada lumbung. Selanjutnya untuk mendukung semua itu (pemberdayaan dan pengembangan lumbung padi) para petani bimbingan kami juga sudah menjalankan konservasi mata air yang telah dijalankan oleh
semua petani bimbingan Yakines,” tutupnya.

Kepala Desa Nampar Macing Zakarias Sudirman selaku tuan rumah Evaperca 2023 menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah hadir dalam kegiatan pendampingan kali ini. Ia juga menyatakan perhatian terhadap pangan lokal dan pertanian organik.

Menurutnya, berbicara pertanian organik dan pangan lokal di tengah perkembangan zaman yang serba instan menang agak sulit. Tetapi jika dijalani dengan hati dan sungguh-sungguh kata dia, pasti akan ada tempatnya di masyarakat.

“Yang berikut kami berterima kasih kepada fasilitator Yakines di setiap Desa yang membawa kabar baik bagi petani. Untuk kedaulatan pangan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Manggarai Barat yang sudah turut hadir dalam kegiatan Evaperca Yakines kali ini,” ungkapnya.

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Aksi Anjani Trip HIPMI Manggarai Barat dan Pandawara Grup Bersihkan Sampah di Labuan Bajo

HEADLINE

Pokdarwis Desa Wae Lolos Diberi Pelatihan Keamanan dan Keselamatan Destinasi Wisata

HEADLINE

Kemenparekraf Apresiasi Penyelenggaraan ITLS Awards 2024 di Bali

HEADLINE

Imigrasi Labuan Bajo Perketat Pengawasan Orang Asing, Kunjungan Wisman Meningkat

HEADLINE

POM Ajak Masyarakat Manggarai Barat Cerdas Pilih Obat dan Makanan

HEADLINE

Manggarai Barat Masuk Tingkat Kerawanan Sedang saat Pilkada Serentak 2024

HEADLINE

Binus University dan Poltek eLBajo Commodus Kolaborasi Berdayakan UMKM Labuan Bajo

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia