Home / Lifestyle / News

Jumat, 7 April 2023 - 14:26 WIB

3 Resep Terang Bulan Enak dan Praktis

Ilustrasi kue Terang Bulan

Ilustrasi kue Terang Bulan

iBenews.id – Indonesia memang tak ada habisnya bila membahas soal aneka jenis kuliner, karena dengan kuliner mampu menjadi tali penyatu antara pikiran dan suasana hati seseorang. Salah satu kuliner yang sangat laris dan begitu digemari oleh banyak orang, tak lain adalah martabak manis atau bisa juga disebut dengan terang bulan.

Yang mana terang bulan ini dapat dijumpai pada malam hari, di pinggir-pinggir jalan dengan aneka varian rasa dan juga topping yang diberikan sangat beraneka ragam. Biasanya, terang bulan ini sangat terkenal untuk mencairkan suasana serta menghipnotis lidah para calon mertua, maka tak heran banyak sekali para penjual yang berusaha memberikan cita rasa terang bulan buatannya menjadi pemenang di hati para pelanggannya.

Nah, bagi kalian yang tertarik sekaligus penasaran bagaimana cara membuat terang bulan yang enak dengan menggunakan bahan-bahan yang praktis, berikut adalah 3 aneka resep terang bulan enak yang wajib kalian praktekkan di rumah.

Resep Terang Bulan Coklat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
250 gram tepung terigu dengan protein sedang.
50 gram gula pasir.
Garam secukupnya
1/2 sendok teh baking powder.
350 ml susu kental manis.
2 butir telur, kocok.
100 gram margarin yangs udah dicairkan.
1/2 sendok teh baking soda

Varian topping:
2 Sendok teh margarin
100 gram meses rasa coklat.
100 gram keju yang sudah diparut.
1 sachet susu kental manis.

Cara membuatnya:
Campurkan tepung terigu segitiga, gula pasir, baking powder, garam secukupnya dan 350 ml susu kental manis. Aduk semua bahan hingga tercampur rata, jangan sampai adonan bergerindil. Jika semua adonan sudah tidak ada yang bergerindil, lalu tutup dam diamkan adonan sekitar 30 menit.
Apabila sudah 30 menit, buka adonan dan masukkan margarin dan telur, kemudian aduk hingga tercampur rata. Lalu tambahkan baking soda ke dalam adonan, aduk lagi hingga rata.
Panaskan cetakan, bisa juga menggunakan teflon hingga benar-benar panas. Lalu masukan adonan terang bulan dan jangan lupa untuk ratakan, agar ukurannya seimbang. Biarkan hingga adonan sampai keluar lubang-lubang. Jika sudah, kemudian tutup teflon dan tunggu hingga adonan bagian atas tidak lengket, untuk baru bisa dikatakan matang. Jika sudah, angkat terang bulan yang sudah matang dan olesi dengan margarin. Tambahkan topping berupa meses dan susu kental manis, lalu tutup terang bulan dan jangan lupa untuk diiris. Terang bulan sudah siap dinikmati.

Resep Terang Bulan Pandan Keju

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
250 gr terigu dengan protein sedang
1 sendok makan baking powder
3/4 sendok teh baking soda
Garam secukupnya.
Gula pasir sesuai selera.
2-3 sendok teh air.
8 lembar daun pandan yang diblender dan diambil air sarinya
Santan sebanyak 65ml
1 butir telur, kocok.

Varian Topping:

Gula pasir secukupnya.
Margarin sesuai selera
Keju parut sesuai selera
Susu kental manis sesuai selera.

Cara membuatnya:

Siapkan bahan-bahan dan mulai ayak dan juga campurkan bahan-bahan, seperti tepung terigu protein sedang, baking powder, garam dan gula secukupnya. Tuang air sari pandan & juga santan sedikit demi sedikit, tidak lupa juga dengan sambil diaduk agar tercampur rata. Masukkan telur, lalu aduk rata. Diamkan adonan kurang lebih sekitar 30-45 menit.

Siapkan teflon dan panaskan. Jangan lupa untuk diolesi margarin tipis-tipis. Sebelum adonan dituangkan kedalam teflon, perlu diingat bahwa adonan diatass dapat digunakan untuk 2x proses masak. Begitu teflon sudah panas, tuangkan adonan. Tunggu adonan hingga sampai keluar lubang-lubang dan sesekali pada pinggiran teflonnya, tekan dengan sendok agar garing merata.

Bila adonan sudah keluar lubang-lubang, taburi gula pasir sesuai selera. Kemudian tuutp teflon, tunggu hingga bagian atasnya matang & garing. Jangan lupa untuk kontrol api sedikit kecil, agar tidak sampai gosong. Jika sudah matang, angkat terang bulan dan olesi atasnya dengan margaris. Masukkan varian topping berupa keju parut dan susu kental manis, lalu lipat menjadi 2 bagian dan potong-potong. Terang bulan pandan keju sudah siap untuk dinikmati.

Resep Terang Bulan Mini

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
250 gr tepung terigu dengan protein sedang.
10 gr tambahan tepung tapioca.
Gula pasir secukupnya.
1 sendok teh ragi instan.
½ sendok teh baking powder.
Garam secukupnya.
1/2 sendok teh vanila bubuk
1 butir telur, kocok.
400 ml susu cair atau bisa diganti santan.
50 gr margarin yang sudah cairkan.

Varian Toping:

Coklat Meses, keju parut dan susu kental manis.
Margarin.

Cara membuatnya:

Siapkan wadah dan masukkan bahan-bahan, seperti tepung terigu dengan protein sedang, tepung tapioka, gula pasir secukupnya, ragi instan, baking powder, vanila bubuk dan garam secukupnya, lalu aduk semua bahan hingga tercampur dengan rata.

Masukkan susu cair secara perlahan, sedikit demi sedikit lalu kemudian masukkan juga telur, aduk kembali hingga rata. Tambahkan margarin cair, jangan lupa untuk aduk lagi hingga rata. Lalu tutup adonan dan diamkan selama 30 menit sampai mengembang.

Panaskan cetakan. Jangan lupa untuk olesi margarin dan aduk kembali adonannya. Tuang adonan dengan takaran ukuran yang seimbang, tunggu hingga muncul lubang-lubangnya. Beri taburan gula pasir pada adonan di cetakan, lalu tutup kembali dan tunggu hingga matang. Jika sudah matang, olesi terang bulan dengan margarin dan jangan lupa tambahkan meses, parutan keju dan sussu kental manis sebagai topping.
Semoga bermanfaat ya! (iB-4)

Sumber: Oktana.id

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Pelantikan Prabowo – Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dipercepat?

HEADLINE

Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Potensi Wisata Air

HEADLINE

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

LABUAN BAJO

Lamanya Proses Pembuatan SHM di BPN Manggarai Barat? Begini Standar Sesuai Aturan BPN

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global

HEADLINE

Menteri Kelautan berharap Elon Musk beri internet murah ke nelayan

HEADLINE

Jokowi akan membuka KTT World Water Forum pagi ini, Dihadiri Elon Musk

Lifestyle

Ketahui Berbagai Efek Sinar Matahari bagi Tubuh