Home / HEADLINE / LABUAN BAJO / MANGGARAI BARAT

Senin, 2 September 2024 - 10:14 WIB

POM Ajak Masyarakat Manggarai Barat Cerdas Pilih Obat dan Makanan

Beritalabuanbajo.com, Labuan Bajo,- Loka POM Kabupaten Manggarai Barat mengajak masyarakat di daerah itu agar cerdas dalam memilih obat dan makanan yang dijual di pasaran.

Kepala Loka POM Manggarai Barat Imanulkhan mengatakan, sebelum membeli makanan, minuman, dan obat-obatan baiknya masyarakat memperhatikan batas waktu penggunaan juga memastikan kemasannya dalam kondisi baik.

“Sebelum membeli produk pangan olahan terkemas selalu ingat cek klik (Cek kemasan, label izin edar dan kadaluarsa,” katanya saat sosialisasi kepada masyarakat di Desa Golo Bilas, Sabtu kemarin.

Menurutnya, penting untuk masyarakat mengetahui hal itu guna mencegah penggunaan pangan olahan dan obat yang tidak aman. Imanulkhan menerangkan beberapa hal yang harus diperhatikan masyarakat sebelum pangan olahan dan obat-obatan di pasaran.

“Pertama pastikan kemasan tidak rusak, penyok, sobek, mengelupas, atau tintanya luntur. Kedua baca informasi yang tertera pada label kemasan, seperti nama produk, nama dan alamat produksi , tanggal dan kode produksi, masa berlaku atau kadaluarsa, berat bersih, komposisi produk, Informasi nilai gizi, dan legalitas,” jelasnya.

“Ketiga kadaluarsa dengan melihat keterangan yang tertera pada kemasan. Keempat sertifikasi halal, pastikan produk pangan yang dibeli memiliki sertifikasi halal,” sambungnya.

Loka POM Manggarai Barat terus menyisir toko dan kios guna memeriksa dan memastikan produk obat dan makanan yang dijual sesuai prosedur dan ketentuan, sehingga aman dikonsumsi masyarakat.

Kepala Desa Golo Bilas melalui Kasie PEM Semardi berharap melalui kegiatan itu masyarakat lebih cerdas memilih makanan dan obat-obatan yang dijual di pasaran.

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Manggarai Barat Masuk Tingkat Kerawanan Sedang saat Pilkada Serentak 2024

HEADLINE

Binus University dan Poltek eLBajo Commodus Kolaborasi Berdayakan UMKM Labuan Bajo

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Kepala BTNK Ungkap Sejumlah Masalah di Taman Nasional Komodo

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

LABUAN BAJO

Bule Borong Produk UMKM saat Festival Golo Koe Labuan Bajo di Manggarai Barat, NTT

HEADLINE

Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman, BPOLBF Kenalkan Labuan Bajo ke Turis Australia Melalui Famtrip

HEADLINE

Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Paris 2024, Pecahkan Rekor Angkat Besi