Home / HEADLINE / LABUAN BAJO / News

Rabu, 28 Agustus 2024 - 16:00 WIB

Manggarai Barat Masuk Tingkat Kerawanan Sedang saat Pilkada Serentak 2024

Beritalabuanbajo.com, LABUAN BAJO,- Tingkat kerawanan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Manggarai Barat masuk kategori rawan sedang. Ketua Bawaslu Manggarai Barat, Maria Seriang menyampaikan itu di acara Peluncuran Pemetaan Kerawanan Pemilihan Serentak, di Labuan Bajo, Sabtu kemarin.

Itu diketahui berdasarkan hasil pengukuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), yang membagi setiap wilayah dalam tiga kategori yaitu daerah dengan tingkat kerawanan tinggi, sedang, dan rendah.

“Manggarai Barat masuk dalam kategori rawan sedang, sementara untuk tingkat Provinsi NTT masuk kategori rawan tinggi,” ujar Lenny, sapaan akrab Maria Seriang.

Meskipun cenderung lebih aman, Bawaslu tetap mewaspadai wilayah-wilayah yang berpotensi terjadinya bentrok. Itu bisa dilihat dari kejadian-kejadian yang muncul pada Pilkada Serentak dan Pemilu sebelumnya.

“Ada beberapa poin yang menjadi kerawanan di Manggarai Barat. Dari dimensi penyelenggaraan tahapan misalnya ada empat hal yang potensi rawan. Antara lain, tahapan logistik ada beberapa TPS yang kekurangan logistik, penggelembungan suara, pemungutan suara ulang, lalu ada juga dokumen palsu,” jelasnya.

Oleh karenanya, upaya mitigasi menjadi urgensi yang perlu dilakukan secara terstruktur dan terukur. Bawaslu, lanjut Lenny, berharap ada partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

Peran aktif semua pemangku kepentingan, termasuk keterlibatan publik dalam setiap tahapan pemilu, perlu terus ditingkatkan guna mengantisipasi berbagai potensi kerawanan yang dapat menghambat jalannya pemilu dan demokrasi.

“Ini upaya mitigasi terhadap hal-hal yang kita semua tidak inginkan,” imbuhnya.

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Binus University dan Poltek eLBajo Commodus Kolaborasi Berdayakan UMKM Labuan Bajo

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Kepala BTNK Ungkap Sejumlah Masalah di Taman Nasional Komodo

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

Nasional

AMDK Diduga Tak Steril dan Belum Kantongi Izin BPOM Beredar Di Tangerang Selatan

LABUAN BAJO

Bule Borong Produk UMKM saat Festival Golo Koe Labuan Bajo di Manggarai Barat, NTT

HEADLINE

Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman, BPOLBF Kenalkan Labuan Bajo ke Turis Australia Melalui Famtrip

HEADLINE

Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Paris 2024, Pecahkan Rekor Angkat Besi