Home / HEADLINE

Kamis, 18 Januari 2024 - 10:26 WIB

Bupati Mabar ajak Masyarakat Tanam Ribuan Bambu dan Pohon Merbau

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menanam bambu di Desa Kombo, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Rabu 17 kemarin. (Dok Foto Berto Kalu)

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menanam bambu di Desa Kombo, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Rabu 17 kemarin. (Dok Foto Berto Kalu)

BeritaLabuanbajo.com, Labuan Bajo,- Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, pegiat lingkungan Pater Marsel Agot, bersama sejumlah pemangku kepentingan di daerah itu melakukan penanam 2.000 anakan Bambu dan 1.000 anakan Pohon Merbau.

Aksi penanaman tersebut dilakukan di beberapa titik salah satunya Desa Kombo, Kecamatan Pacar, dan Kecamatan Macang Pacar, Manggarai Barat, Rabu kemarin.

Bupati Edistasius menyebut penanaman pohon Khususnya Bambu akan terus digencarkan tahun ini. Di 2023 total sudah 63.000 anakan Bambu yang ditanam

“Aksi penanaman pohon juga dipandang sebagai upaya pelestarian lingkungan dan antisipasi terhadap dampak pemanasan global. Pada saatnya kita akan mendeklarasikan sebagai kabupaten penghasil oksigen di Provinsi NTT,” ujarnya.

Selain itu, ia menekankan bahwa menanam Bambu adalah bagian dari kedaulatan pangan, karena rebungnya dapat dijadikan sayuran, yang berkontribusi dalam menanggulangi masalah stunting.

Politisi NasDem itu juga mendorong setiap desa untuk mengembangkan produk khas berbahan baku Bambu yang bernilai ekonomis. Salah satunya membuat sepeda dari Bambu.

“Saya punya mimpi semua desa di Kecamatan Pacar, warga harus diajar bagaimana membuat sepeda yang bahan baku dari Bambu. Nanti finishing-nya di Labuan Bajo, untuk dasarnya di masing-masing desa,” kata Edi.

Untuk diketahui, Kabupaten Manggarai Barat saat ini telah memiliki pabrik yang memproduksi berbagai peralatan dari Bambu, seperti tumbler, piring, sendok, garpu, sedotan, meja, kursi, dan tiang untuk pembangunan rumah. Pabrik tersebut disebut Edi Endi, mulai beroperasi tahun ini.

Sementara itu Pater Marsel Agot menuturkan, aksi penanaman tersebut terlaksana berkat kerja sama pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Di tahun 2023, disebutnya sudah ditanam 63.000 anakan Bambu di berbagai kecamatan, mulai dari Kecamatan Komodo, Lembor dan Kuwus.

“Saya senang tahun ini kita bisa bergerak ke Kecamatan Pacar dan Macang Pacar. Kalau untuk menanam kami sangat mendukung. Tentu hari ini bukan terakhir tetapi awal yang baik. Kita berjuang, mari kita bekerja sama,” tandasnya.

 

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Binus University dan Poltek eLBajo Commodus Kolaborasi Berdayakan UMKM Labuan Bajo

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Kepala BTNK Ungkap Sejumlah Masalah di Taman Nasional Komodo

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

HEADLINE

Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman, BPOLBF Kenalkan Labuan Bajo ke Turis Australia Melalui Famtrip

HEADLINE

Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Paris 2024, Pecahkan Rekor Angkat Besi

HEADLINE

Puji Desain Produk Lokal Menparekraf Sandiaga Borong Dagangan UMKM di AKI Labuan Bajo

HEADLINE

Rencana Penutupan TN Komodo, Wakil Bupati Manggarai Barat: Duduk Bersama Tidak Ujug-ujug Ditutup