Home / HEADLINE / News

Selasa, 9 Juli 2024 - 09:46 WIB

Bawaslu Manggarai Barat Minta ASN, TNI-Polri Netral pada Pilkada 2024

Komisioner Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat, Muhamad Hamka.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat, Muhamad Hamka.

Beritalabuanbajo.com, Labuan Bajo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manggarai Barat meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga anggota TNI-Polri di daerah itu untuk netral jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024 mendatang.

Komisioner Bawaslu Manggarai Barat, Muhamad Hamka meminta ASN, TNI-Polri untuk menjaga independensi, serta menghindari segala bentuk kegiatan atau aksi yang mencerminkan keberpihakan mereka terhadap pasangan calon tertentu di pilkada.

“Kami sungguh berharap teman-teman ASN harus betul-betul netral. Kalau kita mau pilkada kita berkualitas salah satu instrumen adalah bahwa semua pihak yang dilarang oleh undang-undang tak boleh terlibat dalam politik,” ujarnya, Jumat kemarin.

Hamka menambahkan, Bawaslu telah mengeluarkan himbauan resmi terkait netralitas ASN di Manggarai Barat. Himbauan turut disampaikan kepada bupati sebagai pemimpin tertinggi di daerah itu.

Ia menegaskan ASN wajib netral dimasa-masa sosialisasi. Terlebih lagi setelah ditetapkannya pasangan calon atau dalam pelaksanaan masa kampanye Pilkada 2024. Sejauh ini Bawaslu Manggarai Barat belum menerima laporan terkait netralitas ASN di daerah itu.

“Laporan resmi dan temuan dari Panwascam belum ada walaupun ada desas-desus. Kita bekerja sesuai panduan regulasi, ketika ada yang lapor kita akan sikapi. Tetapi sejauh ini belum ada laporan resmi ke Bawaslu terkait netralitas ASN,” ungkap Hamka.

Hamka menambahkan pihaknya akan membuat posko dengan melibatkan berbagai pihak, yang bertujuan untuk melakukan pengawasan dan penindakan terhadap oknum ASN yang melanggar.

“Dalam waktu dekat akan membentuk pokja netralitas ASN, pokja isu-isu negatif termasuk kampanye negatif melibatkan Kesbangpol, kepolisian, Infokom hinggamedia. Itu salah satu strategi yang dilakukan Bawaslu untuk menjaga netralitas ASN TNI dan Polri,”jelas Hamka.

Lebih lanjut Hamka juga meminta para ASN untuk bijak menggunakan media sosial selama musim pilkada. Seperti tidak membuat unggahan yang berkaitan dengan calon tertentu, dilarang berkomentar, hingga menyukai postingan tertentu.

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Kepala BTNK Ungkap Sejumlah Masalah di Taman Nasional Komodo

HEADLINE

Sandiaga Uno Tindak Tegas Soal Praktik Pungli di Pulau Kanawa Labuan Bajo

Nasional

AMDK Diduga Tak Steril dan Belum Kantongi Izin BPOM Beredar Di Tangerang Selatan

LABUAN BAJO

Bule Borong Produk UMKM saat Festival Golo Koe Labuan Bajo di Manggarai Barat, NTT

HEADLINE

Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman, BPOLBF Kenalkan Labuan Bajo ke Turis Australia Melalui Famtrip

HEADLINE

Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Paris 2024, Pecahkan Rekor Angkat Besi

HEADLINE

Puji Desain Produk Lokal Menparekraf Sandiaga Borong Dagangan UMKM di AKI Labuan Bajo