Home / HEADLINE / LABUAN BAJO

Rabu, 18 September 2024 - 09:52 WIB

Imigrasi Labuan Bajo Perketat Pengawasan Orang Asing, Kunjungan Wisman Meningkat

Beritalabuanbajo.com, Labuan Bajo,- Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur mengalami peningkatan. Imigrasi Labuan Bajo pun meningkatkan pengawasan orang asing di destinasi wisata super prioritas itu.

Kepala Kantor Imigrasi Labuan Bajo, Jaya Mahendra dalam keterangan resminya mengatakan, pihaknya telah memantau lonjakan kedatangan wisatawan mancanegara ke Labuan Bajo. Hal ini juga memberikan dampak peningkatan pada jumlah orang asing.

“Kami mencatat adanya lonjakan yang cukup signifikan dalam kunjungan wisatawan asing dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini terlihat dari laporan orang asing melalui aplikasi Pelaporan Orang Asing (POA) dari pihak hotel atau penginapan pada Kantor Imigrasi Labuan Bajo,” kata Jaya Mahendra, Sabtu kemarin.

Kata Mahendra, Imigrasi Labuan Bajo memastikan kepatuhan peraturan Keimgrasian oleh orang asing di Labuan Bajo. Pengawasan aktivitas orang asing di wilayah juga diperketat dengan langkah konkret.

“Kami menyadari pentingnya menjaga keamanan dan kenyamanan bagi semua pihak di Labuan Bajo. Oleh karena itu, kami telah meningkatkan pengawasan untuk memastikan bahwa semua orang asing yang berada di sini mematuhi peraturan yang ada,” ujar Jaya Mahendra.

Sementara itu Dwi Fachrizal, Kepala Sub Seksi Intelijen Keimigrasian menuturkan Imigrasi Labuan Bajo melakukan koordinasi dengan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora), pengelola hotel dan agen perjalanan untuk mengidentifikasi dan menangani potensi masalah yang mungkin timbul akibat lonjakan wisatawan.

“Pengawasan yang lebih ketat kami tunjukan untuk mengantisipasi potensi risiko yang mungkin timbul dari kehadiran orang asing yang tidak mematuhi aturan. Misalnya, ada kekhawatiran terkait dengan kegiatan ilegal, seperti pekerjaan tanpa izin atau pelanggaran visa. Dengan adanya pengawasan yang lebih ketat, diharapkan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya masalah tersebut dan memberikan rasa aman kepada masyarakat lokal serta wisatawan,” jelas Dwi Fachrizal.

Jaya Mahendra mengimbau wisatawan asing mematuhi peraturan yang berlaku dan memastikan kelengkapan dokumen sebelum memasuki wilayah Labuan Bajo. Selain itu ia harap masyarakat turut aktif menjaga keamanan dan melaporkan setiap aktivitas orang asing yang mencurigakan kepada pihak berwenang.

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Aksi Anjani Trip HIPMI Manggarai Barat dan Pandawara Grup Bersihkan Sampah di Labuan Bajo

HEADLINE

Pokdarwis Desa Wae Lolos Diberi Pelatihan Keamanan dan Keselamatan Destinasi Wisata

HEADLINE

Kemenparekraf Apresiasi Penyelenggaraan ITLS Awards 2024 di Bali

HEADLINE

POM Ajak Masyarakat Manggarai Barat Cerdas Pilih Obat dan Makanan

HEADLINE

Manggarai Barat Masuk Tingkat Kerawanan Sedang saat Pilkada Serentak 2024

HEADLINE

Binus University dan Poltek eLBajo Commodus Kolaborasi Berdayakan UMKM Labuan Bajo

HEADLINE

Menparekraf Sebut Ekonomi Kreatif Sebagai Masa Depan Indonesia

HEADLINE

Kepala BTNK Ungkap Sejumlah Masalah di Taman Nasional Komodo