Home / Ekonomi / News

Minggu, 2 April 2023 - 19:05 WIB

Jelang Mudik Lebaran, Daop 8 Lakukan Perawatan Jalur Rel KA

iBenews.id – Menyambut momen angkutan lebaran Tahun 2023, KAI Daop 8 Surabaya telah dan terus melakukan persiapan dengan sangat baik. Bentuk upaya yang dilakukan oleh jajaran KAI Daop 8 diantaranya dengan melakukan perawatan jalur KA untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan KAI Daop 8 Surabaya memiliki panjang lintas sejauh 530.168 km dan melintasi 11 kab/kota di Jawa Timur dengan memiliki batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan selatan Stasiun Wlingi.

“Untuk memastikan jalur KA tersebut aman, Daop 8 melaksanakan pemantauan dan perawatan kondisi jalur KA, secara berkala sesuai program untuk memastikan kondisi layak standar operasional berdasarkan ketentuan yang berlaku. Selain itu, pihaknya juga meyakinkan bahwa sekitar jalur tersebut aman dari potensi gangguan perjalanan KA, “jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima Sabtu (01/04/2023).

Lebih lanjut Luqman menambahkan bahwa pemeriksaan dan perawatan jalur KA ini dilakukan secara rutin dan sesuai program.

“Para petugas akan memastikan jalur benar-benar baik, lebar jalur sesuai, kondisi bantalan dan jembatan, serta penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS), “katanya.

Perawatan rutin yang dilakukan oleh pekerja diantaranya mengukur lebar jalur, menempatkan kembali batu ballast, serta pengukuran geometri jalan rel.

“Perawatan jalur di wilayah Daop 8 Surabaya akan terus dilakukan para petugas untuk memastikan bahwa jalur tersebut aman saat dilintasi KA,” tambahnya.

Sementara itu, pada masa Angkutan Lebaran 2023 ini KAI Daop 8 mengoperasikan sebanyak 49 KA jarakjauh, yang terdiri dari 41 KA reguler dan 8 KA tambahan, dan setiap harinya KAI Daop 8 Surabaya menyediakan 27.510 tiket jarak jauh. Terdiri dari 21.900 tiket KA reguler dan 5.610 KA tambahan.

Berdasarkan pantauan KAI Daop 8 untuk pemesanan tiket KA jarak jauh pada masa Angkutan Lebaran 1444H yang telah terjual pada periode tanggal 12 April s.d 3 Mei 2023 adalah 331.244 tiket atau sekitar 57% dari jumlah tiket yang disediakan pada periode tersebut sebanyak 584.768 tiket.

“Jumlah ini tentu akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung. Relasi favorit sejauh ini yaitu Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember, Banyuwangi, dan lainnya,” tambahnya.

KAI Daop 8 Surabaya berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia.

Sesuai data terbaru, tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan diantaranya pada 20 April 2023 sebanyak 89 persen, 19 April 2023 sebanyak 73 persen, sedangkan pada 21 April 2023 sebanyak 67 persen.

Sedangkan untuk tanggal pemesanan tiket KA setelah hari Lebaran, yang menjadi favorit adalah pada 25 April 2023 sebanyak 94 persen, 26 April 2023 sebanyak 88 persen dan 24 April 2023 sebanyak 75 persen. (iB-1)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Menteri ATR: World Water Forum bisa hasilkan gagasan-solusi air global

HEADLINE

Menteri Kelautan berharap Elon Musk beri internet murah ke nelayan

HEADLINE

Jokowi akan membuka KTT World Water Forum pagi ini, Dihadiri Elon Musk

MANGGARAI BARAT

BPBD Pemkab Manggarai NTT Antisipasi Potensi Bencana Dampak El Nino

Ekonomi

Pelaku Wisata di Labuan Bajo Ikut Pelatihan Keselamatan

Internasional

Bandara Komodo Naik Status menjadi Bandara Internasional, Siap Berikan Layanan Keimigrasian di Bandara

LABUAN BAJO

30 Anggota Terpilih DPRD Manggarai Barat Periode 2024-2029

HEADLINE

Kapal Wisata Terbakar Lagi di Labuan Bajo